Rabu, 01 September 2010

Pengantar TI I


PENGANTAR TEKNOLOGI INFORMASI
Teknologi Informasi dan Komponen Teknologi Informasi
Dalam hal ini dibahas subbahasan Teknologi Informasi dan Komponen Teknologi Informasi. Sebelum kita harus tahu apa itu Data dan Informasi, Data adalah Suatu kumpulan fakta dan digunakan sebagai new materials. Jenis-jenis data yaitu Teks, Gambar, Audio, dan video. Selanjutnya, Infonmasi adalah Data yang memiliki makna dalam konteksnya, saling berhubungan, dapat juga diartikan suatu data yang telah dimanipulasi atau yang telah diproses. Perbedaan antara Data dengan Informasi yaitu data adalah suatu bahan mentah sedangkan Informasi adalah suatu hasil dari proses pengolahan data, yang dimaksud di sini adalah dalam satu konteks.  Sifat Informasi ada dua macam yaitu Perfect (sempurna, pasti), contohnya adalah berita-berita yang pasti kejadiannya, sifat yang kedua Imperfect (tidak sempurna, ada ketidakpastian), contohnya adalah berita yang belum ada kepastiannya, seperti prediksi pertandingan sepak bola.
            Informasi dapat kita dapat dari berbagai sektor, sumber-sumber informasi dapat didapat darai pengalaman lapangan (observasi), Kuesioner, Kejadian/evnt (pencatatan), Pemodelan (simulasi), Media massa, alat telekomunikasi, alat elektronis, dll. Informasi dapat diakatakan baik apabila memiliki beberapa karakteristik yaitu tepat waktu, akurat, mudah diakses, menghilangkan keraguan, berhubungan, dan yang pasti berdasarkan fakta.
            Evolusi Abad Informasi ada tiga kali yaitu pertama Abad Pertanian (Tahun < 1800) manusia mayoritas bekerja bertani, masih menggunakan tenaga manusia kedua Abad Industri (1800 - 1957) manusia mayoritas bekerja di pabrik, menggunakan manusia dan mesin, dan Abad ketiga yaitu Abad Informasi (1957 - sekarang) manusia sudah menjsdi pekerja yang terdidik dan sudah menggunakan teknologi informasi. Masyarakat Informasi adalah dimana masyarakat tersebut lebih banyak yang bekerja di bidang informasi daripada di bidang pertanian maupun industri.
            Selanjutnya kita membahas apa itu Teknologi Informasi, sebelumnya kita lihat arti dari teknologi, Teknologi adalah ilmu yang berkaitan dengan seni atau sains dengan pengaplikasian pengetahuan saintifik ke praktis. Dan menurut (1995) : Teknologi Informasi adalah studi atau penggunaan peralatan elektronika, terutama komputer, untuk menyimpan, menganalisis, dan mendistribusikan informasi apa saja termasuk kata-kata, bilangan dan gambar. Contoh dari TI adalah Mikrokomputer, Notebook, CD-ROM, papan digital, dll. Adapun tujuan dri TI adalah memecahkan masalah, membuka kreativitas, dan efisiensi. TI juga mempunyai fungsi untuk Menangkap(Capture), Mengolah (Processing), Menghasilkan (Generating), Menyimpan (Storage), Mengambil kembali (Retrieval), Melakukan transmisi (Transmission). Kita ketahui bahwa Teknologi sangat diperlukan karena Kompleksitas suatu tugas manajemen yang menuntut keakuratan tinggi, pengaruh globalisasi, perlunya respone time cepat, tekanan persaingan bisnis, dan peningkatan layanan yang harus semakin bertambah. Teknologi Informasi memiliki komponen-komponen utama, komponen tersebut adalah Hardware (HW), Software (SW), dan Brainware (BW). Hardware atau perangkat keras merujuk pada bagian-bagian berbentuk fisik dari suatu teknologi misalnya, CPU, Monitor, Notebook, Printer, dll. Kemudian Software atau perangkat lunak adalah sekelompok item atau objek yang membentuk “konfigurasi” dimana didalamnya terdapat program, dokumen, dan data, apabila tidak mengandung salah satu dari ketiga tersebut maka tidak bisa dimanakan sebuah software. Komponen ketiga adalah Brainware, yaitu suatu istilah yang digunakan untuk manusia yang berhubungan dengan sistem komputer. Komponen pendukung lainnya adalah Firmware, yaitu perangkat lunak yang “ditanamkan” ke perangkat keras secara semi permanen, contohnya BIOS, kemudian Infoware yaitu meliputi User manual, SOP, cyber law.
            Teknologi Informasi sangat bermanfaat dan membantu berbagai bidang, bidang yang menerapkan Teknologi Informasi antara lain bidang Industri, Perbankan, Pendidikan, Kesehatan, Pemerintahan, Hiburan, dll. Begitu luas cakupan penerapan Teknologi Informasi.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar